MABRUROH, MILDA
(2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SD PADA MATERI ENERGI LISTRIK DI SD NEGERI MARGOREJO VI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-B SD Negeri Margorejo VI Surabaya.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Januari 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes yang berupa pre-test dan post-test. Validasi penelitian ini adalah validator pakar dan dengan menggunakan perhitungan SPSS. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametric dengan analisis uji wilcoxon matched pair, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya dengan rata-rata sebesar 81,57 setelah diberi penerapan dengan menggunakan model pembelajara n Project Based Learning. Hal tersebut diketahui melalui hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest dan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Actions (login required)
|
View Item |