UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MEMAHAMI KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PAMARDISIWI KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA

RAHAYU, YAYUK (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MEMAHAMI KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PAMARDISIWI KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190011_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21694.html

Abstract

Di TK Pamardisiwi pembelajaran berhitung dengan benda–benda menggunakan alat yang sederhana merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam memahami konsep bilangan 1-10 melalui media balok angka pada anak kelompok A di TK Pamardisiwi Kecamatan Semampir Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pamardisiwi yang berjumlah 20 anak terdiri dari 10 anak didik laki-laki dan 10 anak didik perempuan. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dengan patokan standar keberhasilan > 75. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase siklus I siswa yang tuntas belajar baru mencapai 38%, dan rata-rata persentase siklus II meningkatkan kemampuan kognitif dalam memahami konsep bilangan menggunakan media balok angka adalah 75%, sehingga memperoleh peningkatan kemampuan kognitif dalam memahami konsep bilangan menggunakan media balok angka pada didik Kelompok A di TK Pamardisiwi sebanyak 37%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan kognitif dalam memahami konsep bilangan menggunakan media balok angka pada didik Kelompok A di TK Pamardisiwi Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan melalui kegiatan memahami konsep bilangan menggunakan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSERIAWAN, ARIF HELMINIDN0703037402arif@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, konsep bilangan 1 Sampai 10, balok angka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 17 May 2019 02:52
Last Modified: 01 Dec 2021 06:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item