NAENY, IKA YUSTITI
(2019)
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DI PPT PELITA HATI MULYOREJO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kurangnya kemampuan sosial emosionalonal anak di PPT Pelita Hati Mulyorejo Surabaya disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru merupakan metode berceramah sehingga anak menjadi mudah bosan sehingga peneliti menggunakan metode mendongeng sebagai upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan mendongeng di PPT Pelita Hati Mulyorejo Surabaya. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun di PPT Pelita Hati Mulyorejo Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan sosial emosional yang dicapai anak didik kelompok B PPT Pelita Hati lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan sosial emosional anak hanya mencapai
30,12%, namun setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui metode mendongeng, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 41,34%, maka dari
itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 79,48%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penilaian yaitu ≥75%. Begitu pula dengan guru mudah dalam menyampaikan metode mendongeng, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode mendongeng dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan sosial emosional anak, untuk itu disarankan pada semua guru memberikan metode mendongeng sehingga dapat menarik perhatian anak.
Actions (login required)
|
View Item |