UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B PPT MAWAR KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA

MAHRI, FARADILA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B PPT MAWAR KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190020_abstract.pdf

Download (793kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21813.html

Abstract

Kolase adalah komposisi artistik yang di buat dari berbagai bahan yang di tempelkan pada permukaan gambar, sedangkan metode demonstrasi adalah suatu strategi pengembangan dengan cara memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat, mendengarkan dan meniru, sehingga pembelajaran melalui kegiatan kolase dengan metode demonstrasi pada anak tidak membosankan. Dengan menerapkan kegiatan kolase dan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan metode demonstrasi pada anak kelompok B di PPT Mawar kecamatan Tegalsari kota Surabaya. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B Paud di PPT Mawar berjumlah 23 siswa, antara lain laki-laki 9 anak dan perempuan 14 anak dengan rentan usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik halus yang dicapai anak didik kelompok B PPT Mawar lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan motorik halus anak hanya mencampai 40,94%, namun setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan kolase dengan metode demonstrasi, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 57,24%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 76,81%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penilaian yaitu ≥75%. Begitu pula dengan guru mudah dalam menyampaikan kegiatan kolase dengan metode demonstrasi, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui kegiatan kolase dengan metode demonstrasi dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik halus anak, untuk itu disarankan pada semua guru memberikan kegiatan kolase dengan metode demonstrasi sehingga dapat menarik perhatian dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHODIQ, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kolase, Meode Demonstrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 17 May 2019 04:23
Last Modified: 01 Dec 2021 07:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item