NURHASANAH, ARINA
(2015)
HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2014-2015 DI SMPN 02 SOCAH BANGKALAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Prestasi belajar pada setiap siswa berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal (jasmaniah, psikologis dan kematangan fisik) dan faktor eksternal (keluarga, sekolah dan masyarakat), sebagai akibat dari hasil prestasi belajar dikaitkan dengan pola asuh orangtua terhadap anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 di SMPN 02
Socah Bangkalan.
Desain penelitian ini menggunakan metode analitik dengan rancangan Cross Sectional.Jumlah responden dalam penelitian adalah 70 siswa, diambil secara simplerandom samplingsehingga jumlah responden menjadi 60 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan buku raport, penelitian ini diuji oleh tabulasi silang statistik "Range Spearman Correlation" menggunakan program SPSS.
Hasil tabulasi silang dalam penelitian ini yaitu didapatkan nilai ρ = 0,00 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang berarti ρ<α maka Ho di tolak artinya ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pola asuh orangtua siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 di SMPN 02 Socah Bangkalan sebagian besar memiliki pola asuh demokratis, Prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 di SMPN 02 Socah Bangkalan sebagian besar mendapatkan prestasi belajar amat baik , Ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 di SMPN 02 Socah Bangkalan.
Actions (login required)
|
View Item |