PUTRA, BAHARUDIN ALDI PERDANA
(2016)
ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN SENSORI PRESEPSI: HALUSINASI PENDENGARAN DENGAN DIAGNOSA MEDIS SKIZOFRENIA DI RUANG PURI MITRA RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Salah satu diagnose medis di keperawatan jiwa adalah Skizofrenia. Skizofrenia dapat menyebabkan terjadinya masalah keperawatan halusinasi. Angka kejadian halusinasi meningkat dari tahun ketahun. Masalah keperawatn halusinasi jika tidak dilakukan intervensi akan menyebabkan resiko tinggi menciderai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Prevelensi penderita Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya adalah 80% dari 1.040 jiwa. Salah satu tindakan keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengontrol halusinasi adalah melakukan penerapan terapi musik klasik. Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan asuhan keperawatan klien dengan gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran pada penderita skizofrenia di Rumah Saki Jiwa Menur Surabaya.
Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan asuhan keperawatan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi dengan memfokuskan pada penerapan terapi musik klasik.
Hasil penelitian kepada 2 klien halusinasi pendengaran selama diberikan asuhan keperawatan dan ditambah dengan tindakan keperawatan menggunakan terapi musik klasik Mozart selama 6 hari, didapatkan hasil klien mengalami penurunan halusinasi, klien dapat mengontrol halusinasiya, bahkan mempercepat penyembuhan klien serta kondisi keadaan klien menjadi lebih tenang dan nyaman pada hari terakhir intervensi.
Simpulan dari penelitian pada perilaku halusinasi pendengaran adalah penanganan yang tepat dan cepat dapat mempercepat kesembuhan klien. Saran untuk Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya adalah perawat dan petugas melakukan terapi - terapilainnya seperti bercakap – cakap dengan orang lain, melakukan
kegiatan hari anter jadwal, dan bila perlu di gabung dengan penerapan terapi
musik klasik agar mempercepat kesembuhan klien.
Actions (login required)
|
View Item |