MAHYUVI, TATA
(2019)
PENGARUH PSIKOEDUKASI BERBASIS SOCIAL COGNITIVE THEORY TERHADAP SELF EFFICACY, DEPRESI DAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN STROKE ISKEMIK.
Masters thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Pendahuluan. Stroke menempati urutan nomor tiga didunia sebagai penyebab kematian. Punurunan self efficacy, depesi merupakan kondisi psikologis yang umum ditemui pada pasien stroke iskemik serta mengalami tekanan darah tinggi pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh psikoedukasi berbasis social cognitive theory terhadap self efficacy, depresi dan tekanan darah pada pasien stroke iskemik. Material & Metode. Desain penelitian ini menggunakan quasy eksperriment dengan dengan pendekatan pre dan post control group design. Populasi seluruh pasien stroke iskemik di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sebanyak 100 orang. Besar sampel 32 responden. Teknik sampling adalah simple random sampling. Kelompok intervensi diberikan psikoedukasi berbasis social cognitive theory selama 15-30 menit dalam 4 kali sesi dan kelompok kontrol diberikan intervensi sesuai standar rumah sakit. Analisis menggunakan uji manova dengan nilai signifikan α = 0.05. Hasil. Hasil penelitian menggunakan uji Manova menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy, depresi dan tekanan darah sesudah pemberian psikoedukasi berbasis social cognitive theory menunjukkan bahwa p value = 0.000, dengan nilai partial eta squared paling tinggi 0.992 tekanan darah diikuti 0.936 self efficacy dan 0.814 depresi. Diskusi. Psikoedukasi berbasis social cognitive theory efektif meningkatkan self efficacy, menurunkan tingkat depresi dan menurunkan tekanan darah pada pasien stroke iskemik dan sangat dianjurkan dilakukan pada pasien fase rehabilitasi.
Actions (login required)
|
View Item |