EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TAKALINTAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD PADA MATERI PERKALIAN

ADDAWIYAH, NYIMAS ROBIATUL (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TAKALINTAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD PADA MATERI PERKALIAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190021_abstract.pdf

Download (654kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22554.html

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai ciri khas yang unik. Dalam pembelajarannya, matematika selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terdiri dari angka-angka. Oleh karena itu, pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan ketika mampu mengubah cara berpikir peserta didik dari bersifat abstrak ke konkret. Salah satu caranya yaitu dengan penerapan media pembelajaran Takalintar. Penggunaan media ini akan mempermudah siswa memahami cara penyelesaian materi perkalian dengan penjumlahan. Dengan begitu, siswa mampu menyelesaikan masalah matematika dengan mudah dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Takalintar dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III di SD Ma‟arif YPM Wonocolo. Apakah terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Desain penelitian yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi penelitian sejumlah 28 siswa. Sedangkan dalam metode kualitatif adalah menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian sejumlah 3 siswa dari jumlah populasi. Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, lembar pretest-posttest dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada materi perkalian sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran Takalintar, dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretest siswa 33,57 dalam kategori rendah meningkat menjadi rata-rata posttest siswa 66,43 dalam kategori sedang. Selain itu diperkuat dengan hasil SPSS Statistics Version 23 for windows 8 diketahui bahwa signifikan uji wilcoxon matched pairs bernilai < 0,05 yaitu 0,000, maka hasil hipotesis HO ditolak dan H1 diterima. Media pembelajaran Takalintar juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian, terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa dari pretest dan posttest sebesar 32,86. Dan respon siswa terhadap media pembelajaran Takalintar sangat positif, berdasarkan kesimpulan hasil wawancara dan dokumentasi berupa foto, memperlihatkan bahwa media Takalintar mampu menarik perhatian siswa, dapat memudahkan siswa menyelesaikan persoalan matematika materi perkalian dan proses pembelajaran berjalan dengan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media pembelajaran, Takalintar, Hasil belajar, Matematika dan Perkalian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:50
Last Modified: 01 Dec 2021 07:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item