MAHFIRO, NIHAYATUL
(2019)
PENERAPAN METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JUAL BELI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD LABORATORIUM UNESA KETINTANG SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yang disebut dengan “One Group Pretest-Posttest”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validasi penelitian ini adalah validator dua pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametric dengan analisis uji Wilcoxon Matched Pairs. Karena data tidak berdistribusi normal dan berdistribusi homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas V SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya. Dengan rata-rata nilai posttest 97 setelah diterapkan metode Contextual Teaching and Learning. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai .000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest serta ada pengaruh metode Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |