UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN PADA SISWA KELAS IV SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

NABUASA, MARLIN (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN PADA SISWA KELAS IV SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190036_abstract.pdf

Download (823kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23690.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media audio visual film kartun pada siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Selain itu, untuk meningkatkan nilai rata-rata keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media audio visual film kartun pada siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Motode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media audio visual film kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada antusias siswa selama mengikuti proses pembelajaran keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan mdia audio visual film kartun, dikarenakan hampir semua siswa belum pernah membaca atau melihat jalannya cerita yang disimak pada siklus II. Aktivitas siswapun meningkat sangat tinggi. Hal initerlihat hampir semua siswa aktif menanggapi pertanyaan dari guru stelah menyimak cerita dengan menggunakan media audio visual film kartun. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak pada siklus I sebesar 28,5, yang kondisi awal 64,53 meningkat menjadi 78,96 dan pada siklus II meningkat sebesar 87,71, yang kondisi awal 64,53 meningkat menjadi 92,8.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, media audio visual film kartun, dan SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 05:51
Last Modified: 12 Apr 2023 07:21
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item