DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PSIKOSOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI MARGOREJO VI SURABAYA

SETIAWAN, ALFIAN TRI (2019) DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PSIKOSOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI MARGOREJO VI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190038_abstract.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23809.html

Abstract

Perilaku Bullying memiliki dampak negatif di segala aspek kehidupan psikologis per individu. Dampak yang dialami korban Bullying dapat mengalami berbagai gangguan psikososial seperti merasa rendah diri, tidak nyaman, takut kesekolah. Penyesuaian sosial yang buruk dimana korban menarik diri dari pergaulan teman sebaya dan cenderung menyendiri. Dalam proses kegiataan pembelajaran di SDN Margorejo VI Surabaya, beberapa tindakan peserta didik mengindikasi kearah Bullying pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, sehingga hal ini dapat menganggu konsentrasi peserta didik. Dengan berdasarkan pada permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini yaitu: Menggali sebab mendasar terjadinya Bullying di SDN Margorejo VI Surabaya dan menganalisis dampak Bullying terhadap perkembangan psikososial siswa di SDN Margoerjo VI Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang menekankan pada subyektivitas pengalaman hidup manusia sehingga peneliti akan melakukan penggalian langsung pengalaman yang disadari pelakunya dan menggambarkan makna didalamnya. Subyeknya ditentukan dengan purposive sampling yang dilakukan di kelas V SDN Margorejo VI Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan sebab mendasar siswa melakukan Bullying antara lain: Ingin berkuasa, ekspos kekerasan dari media dan pernah mengalami kekerasan serta dampak yang dialami siswa berupa rasa takut dan tidak percaya diri dan gangguan komunikasi. Anak berubah dari yang egoistis dan senang bertengkar menjadi anak yang kooperatif dan pandai menyesuaikan diri dengan kelompok. Mereka membuat kelompok atau geng dengan alasan dua atau tiga teman tidaklah cukup baginya. Tidak semua proses itu berjalan lancar. Sebab ada kalanya anak mengalami kesulitan melakukannya, bahkan berbalik arah untuk melakukan tindakan yang merugikan dengan melakukan perilaku bullying.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustofa, MustofaNIDN0710118408mustofa@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bullying, Siswa, Psikologis
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:52
Last Modified: 12 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item