HENDRIANI, RUKI
(2019)
PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP KEMAMPUAN MEMEGANG KRAYON PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SURYA GEMILANG KELURAHAN SUMBERREJO PAKAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fakta bahwa anak usia 3-4 tahun di PPT Surya Gemilang Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Pakal Surabaya kemampuan memegang krayon belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan pengaruh bermain playdough terhadap kemampuan memegang krayon pada anak usia 3-4 tahun di PPT Surya Gemilang Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Pakal Surabaya.
Jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian anak didik dengan usia 3-4 tahun di PPT Surya Gemilang Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Pakal Surabaya dengan jumlah sampel 15 anak. Variabel independent dengan bermain playdough dan variabel dependent memegang krayon, data dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil penellitian didapat bahwa ada peningkatan bermain playdough sebelum dilakukan perlakuan dari 33,3 % menjadi 66,7% sesudah perlakuan dengan kemampuan berkembang sangat baik. Sedangkan kemampuan memegang krayon sebelum perlakuan dari 33,3% menjadi 80% sesudah perlakuan dengan kemampuan berkembang sangat baik. Dari hasil analisis diatas dapat dilihat adanya pengaruh bermain playdough terhadap kemampuan memegang krayon pada anak usia 3-4 tahun di PPT Surya Gemilang Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Pakal Surabaya.
Semakin sering memberikan stimulasi tentang permainan playdough semakin berkembang sangat baik kemampuan anak untuk memegang krayon. Diharapkan guru dapat menciptakan berbagai variasi yang unik tentang permainan playdough sesering mungkin.
Actions (login required)
|
View Item |