KUMALA, INDAH
(2019)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT KASIH IBU KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Bermain peran adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan menarik minat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 3-
4 tahun di PPT Kasih Ibu Surabaya Tahun ajaran 2018/ 2019.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakaan, pengamatan dan reflesi. Subyek dalam penelitian ini anak atau siswa PPT Kasih Ibu yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki- laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bermain peran. Kemampuan bahasa anak pada pra siklus mencapai
45,83%, siklus pertama mencapai 54,79% dan siklus kedua mencapai 75,20%. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan bahasa melalui
metode bermain peran.
Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 3 – 4 tahun di PPT Kasih Ibu Surabaya tahun ajaran 2018/2019.
Actions (login required)
|
View Item |