PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN MEDIABUKU FLANNEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUNDI PPT. DAHLIA KETINTANG KECAMATANGAYUNGAN KOTA SURABAYA

AYUMI, INDRA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN MEDIABUKU FLANNEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUNDI PPT. DAHLIA KETINTANG KECAMATANGAYUNGAN KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190050_abstract.pdf

Download (697kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22944.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan bahasa anak pada usia 3-4 tahun di PPT DAHLIA Kecamatan Gayungan Kota Surabaya belum berkembang secara optimal. Peneliti menerapkan media buku flannel untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa pada anak usia 3-4 tahun melalui penggunaan media buku flannel di PPT DAHLIA Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek Penelitian ini adalah anak didik di PPT DAHLIA usia 3-4 tahun sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain menggunakan lembar observasi, tes lisan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa anak yang dicapai mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan pada tahap pra siklus sebesar 38,3%, meningkat pada Siklus I menjadi. 62,9%, dan semakin meningkat pada Siklus II menjadi 89,2%. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa melalui media buku flannel pada anak usia 3-4 tahun di PPT DAHLIA Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Peneliti memberi saran, diharapkan guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik dengan media yang unik dan kreatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHODIQ, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Media Buku Flannel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:51
Last Modified: 01 Dec 2021 08:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5472

Actions (login required)

View Item View Item