RISTIANA, SINTA
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN SODA BERWARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERMATA HATI WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan subyek penelitian adalah anak didik usia 3-4 tahun di PPT Permata Hati, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, instrumen yang digunakan adalah permendikbud 146, teknis analisis data yang dilakukan deskriptif kuantitatif, indikator keberhasilan yang ditetapkan jika minimal 80%.
Soda bewarna ini terbuat dari air cuka, soda kue dan pewarna makanan, gelas yang telah di isi air cuka yang nantinya diberi pewarna yakni warna primer (merah, kuning, biru) pada siklus I dan pada siklus II akan ada pencampuran warna yaitu warna sekunder (ranye dan hijau).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen soda bewarna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Permaa Hati Wonocolo Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik anak pada pra siklus sebesar
0%, meningkat pada siklus I sebesar 30% dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 80%. Berdasarkan evaluasi hasil dari pra siklus, siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik anak meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian ini dengan pembelajaran mengenalkan warna melalui soda bewarna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Permata Hati, untuk itu disarankan pada semua pendidik agar bisa membuat pembelajaran menjadi menyenankan dan tidak membosankan karena pada dasarnya anak-anak sangat penasaran dan suka bereksperimen.
Actions (login required)
|
View Item |