NIKMAH, SICHATUN
(2019)
PENGARUH BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT GADING RUNGKUT KIDUL PESANTREN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Bahasa merupakan bentuk utama dalam mengekspresikan pikiran dan pengetahuan yang terjadi pada anak yang sedang tumbuh dan berkembang namun pada kenyataannya anak-anak di PPT Gading Rungkut Kidul Pesantren Surabaya masih banyak yang belum mampu berbahasa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan di PPT Gading Rungkut Kidul Pesantren Surabaya.
Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian anak usia 3-4 tahun sebesar 20 anak, sampel sebesar 20 responden dengan pengambilan sampel adalah total populasi, variable independen adalah bercerita menggunakan boneka tangan dengan variable dependen adalah kemampuan bahasa anak. Data di kumpulkan dengan menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bercerita menggunakan boneka tangan terhadap kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun di PPT Gading Rungkut Kidul Pesantren Surabaya, dimana kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan dari 22,5% menjadi 52,5% Berkembang Sangat Baik.
Kesimpulan: Semakin diberi stimulasi bercerita menggunakan boneka tangan semakin mempunyai kemampuan bahasa dengan baik. Saran diharapkan guru bisa menggunakan media dan metode yang bervariasi sehingga anak mempunyai kemampuan bahasa.
Actions (login required)
|
View Item |