SETIAWANTI, WINDI
(2019)
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PENGENALAN ANGKA DENGAN BERMAIN PUZZLE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BUYUNG CERIA KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Hal ini sesuai dengan pendapat Susanto (2011:57) kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Jadi proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi) yang menandai seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide belajar.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan kognitif melalui pengenalan angka pada anak usia 3-4 tahun di PPT Buyung Ceria Kecamatan Wonocolo Surabaya,
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak di PPT Buyung Ceria yang berjumlah 9 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perkembangan kognitif sebesar 38 % dan pada penelitian siklus II menunjukkan perkembangan kognitif sebesar 85%
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan koginitif melalui pengenalan angka pada anak usia 3-4 tahun di PPT Buyung Ceria Kecamatan Wonocolo Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |