JANA, SULISTIANI FATHULIL
(2019)
PERBEDAAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MEMILIH JAJANAN PADA SISWA DI SDN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perilaku anak sekolah cenderung memilih jajanan tidak sehat, jajanan tersebut kurang memenuhi zat-zat gizi yang diperlukan tubuh maka anak akan mengalami gangguan pertumbuhan. Konsumsi makanan jajanan tidak terlepas dari bahaya akan dampak negatif. Pengetahuan sangat berpengaruh terhadap perilaku sesorang dalam memilih jajanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan permainan ular tangga dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku memilih jajanan pada siswa kelas 5 di SDN Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi exsperimental. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 5 di SDN Wonokromo I/390 dan SDN Wonokromo III/392 sebesar 157 siswa menggunakan teknik stratified random sampling. Variabel independent permainan ular tangga dan leaflet. Variabel dependent tingkat pengetahuan dan perilaku memilih jajanan. Instrumen penelitian dilakukan menggunakan kuesioner, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan a < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan (0,00) dan perilaku memilih jajanan (0,00) sesudah diberikan pendidikan gizi menggunakan permainan ular tangga pada kelompok ular tangga dan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan (0,01) dan perilaku memilih jajanan (0,00) sesudah diberikan pendidikan gizi menggunakan media leaflet pada kelompok leaflet. Permainan ular tangga dan leaflet terkait makanan jajanan berpengaruh terhadap perubahan tingkat pengetahuan dan perilaku memilih jajanan sesorang. Pendidikan gizi tentang makanan jajanan diharapkan dapat menambah informasi kepada siswa kelas 5 di SDN Surabaya serta dapat mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari.
Actions (login required)
|
View Item |