HERISTASARI, HELGA
(2019)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ANGGREK KELURAHAN SEMEMI KECAMATAN BENOWO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan sosial emosional anak belum berkembang sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak karena stimulasi yang kurang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional, guru harus memberikan kegiatan yang membuat anak dapat distimulasi kemampuan sosial emosionalnya yaitu dengan bermain balok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan perkembangan sosial emosional dengan bermain balok pada anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo Surabaya.
Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek terjadi peningkatan kemampuan sosial emosionalnya setelah menggunakan kegiatan bermain balok. Pada pra siklus hanya 20% yang kemampuan sosial emosionalnya sudah baik, saat siklus I meningkat menjadi 66,33% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo Surabaya. Selama kegiatan bermain balok berlangsung anak-anak terlihat aktif, senang dan antusias. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memilih kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan perkembangan sosial emosional
Actions (login required)
|
View Item |