MAULA, SITI
(2019)
UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT. GRIYA PRESTASI KECAMATAN WONOCOLO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh permainan tradisional yang dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah permainan tradisional ular naga dapat meningkatkan motorik kasar anak pada usia 3-4 tahun di PPT Griya Prestasi, Kecamatan Wonocolo Surabaya
?. Tujuannya adalah apakah permainan tradisional ular naga dapat meningkatkan motorik kasar anak pada usia 3-4 tahun Tahun di PPT. Griya Prestasi, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak didik PPT Griya Prestasi usia 3-4 tahun, berjumlah 18 anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi saat pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi. Penelitian ini melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik Kuantitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa motorik kasar anak mengalami peningkatan setelah di berikan tindakan melalui kegiatan bermain permainan ular naga. Peningkatan tersebut dapat di lihat kondisi awal kemampuan motorik kasar setelah melakukan penelitian dapat diperoleh mulai dari pra siklus sampai siklus II yang mana pra siklus sebesar 5,56%, pada siklus I sebesar 16,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 83% dengan kategori berkembang sangat baik. Perbaikan – perbaikan yang dilakukan selama proses penelitian setelah menunjukkan peningkatan motorik kasar anak usia dini melalui permainan tradisional ular naga.
Actions (login required)
|
View Item |