ERNI, RACHMAWATI
(2019)
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR DI PPT ANGGREK I KELURAHAN SIWALANKERTO KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan sosial emosional anak dapat terjadi secara optimal melalui aktivitas permainan gerak lokomotor, karena secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari, maka perkembangan soial emosional di PPT Anggrek 1 akan ada perubahan kearah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan gerak
lokomotor dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah anak usia 3-4 tahun. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi
dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1
Surabaya terjadi peningkatan perkembangan sosial emosional anak setelah melakukan kegiatan permainan gerak lokomotor. Pada pra siklus sebesar 48,80 % yang berada pada kriteria kurang dari 75% Belum Berkembang (BB), saat siklus I pertemuan1 meningkat menjadi 63,09 % dan siklus I pertemuan 2 menjadi 71,42
% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,95% yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan gerak lokomotor dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo. Untuk itu disarankan
kepada guru agar lebih kreatif dan menarik dalam memberikan kegiatan pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |