ROFIDAH, AINUR
(2019)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MORAL AGAMA ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode mendongeng merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan moral agama pada anak usia dini karena moral agama anak mempunyai peranan penting bagi kehidupan mamnusia. Agar metode mendongeng tidak membosankan maka peneliti menggunakan buku cerita bergambar berwarna.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan moral agama anak. 2) memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui mendongeng dengan buku gambar berwarna di PPT DAHLIA. Subyek penelitian anak usia 3 – 4 tahun dan wali murid di PPT DAHLIA Kecamatan Rungkut Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif terhadap penilaian yang dilakukan oleh guru dan hasil rekapitulasi angket tertutup orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan moral agama yang dicapai anak didik kelompok usia 3 – 4 tahun di PPT DAHLIA Kecamatan Rungkut Surabaya lebih meningkat bila dibandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan moral agama anak hanya mencapai 49,06% dalam kreteria cukup baik namun setelah dilakukan praktik penelitian tindakan kelas melalui mendongeng dengan media buku cerita bergambar pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 60,16% termasuk kreteria baik maka dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 82,19% sudah termasuk kreteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode mendongeng dengan media buku gambar berwarna dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan moral agama anak.
Actions (login required)
|
View Item |