PURWANTININGSIH, YAYUK
(2019)
PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MEKARSARI KELURAHAN KEDUNGDORO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan anak usia dini dalam berbahasa itu dikarenakan proses pembelajaran di sekolah masih menggunakan model pembelajaran yang diulang-ulang atau berpusat pada satu arah saja, serta hanya memanfaatkan media yang ada saja di sekolah. Selain itu proses stimulasi pendidik terhadap anak didik dalam menyampaikan materi belum dapat dipahami oleh anak dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan metode bercerita dengan menggunakan media boneka jari dan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 3-4 tahun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak didik PPT Mekarsari usia 3-4 tahun, berjumlah 10 anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi saat pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik Deskriptif Kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan dalam memahami bahasa lebih meningkat dalam setiap siklusnya, pada pra siklus 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 55,83% dan pada Siklus II mencapai 82,92% dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penilaian yaitu melebihi 80%. untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan media sehingga menarik menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |