MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SEKAR TANJUNG KELURAHAN GUNDIH KECAMATAN BUBUTAN

SADIYAH, SHOLICHATUS (2019) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SEKAR TANJUNG KELURAHAN GUNDIH KECAMATAN BUBUTAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190077_abstract.pdf

Download (932kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23144.html

Abstract

Perkembangan sosial emosional berpengaruh penting terhadap perkembangan dan kehidupan anak. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosinal anak adalah melalui metode mendongeng dengan media yang tepat yaitu media audio visual agar dapat berkembang secara optimal. Dengan media audio visual dapat memberikan kemudahan pada anak untuk menyimak cerita dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode mendongeng dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Sekar Tanjung Kecamatan Bubutan Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang masing-masing siklus menggunakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah bahwa perkembangan sosial emosional anak pada pra siklus mencapai 33,33 %. Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan menjadi 50,83% dan siklus I pertemuan 2 terdapat 60,83%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 75% dan siklus II pertemuan 2 menjadi meningkatan sebesar 88,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mendongeng dengan menggunakan audio visual daapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 Tahun di PPT Sekar Tanjung Kelurahan Gundih Kecamatan Bubutan. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMARA, BERDANIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial emosianal, metode mendongeng dan Media audio visual.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:15
Last Modified: 02 Dec 2021 03:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item