KOMARIYAH, LULUK
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN PASIR PADA ANAKUSIA 3-4 TAHUN DI PPT BUNGA SIWALAN JL REJOSARIRT 03 RW 03 BENOWO-PAKAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan kognitif anak belum berkembang secara optimal karena pemilihan media yang kurang menarik dan stimulasi yang kurang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, guru harus memberikan media menarik dan kegiatan yang membuat anak aktif yaitu dengan media bermain pasir. Tujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan mengenal lambing bilangan melalui media permainan pasir pada anak usia 3-4 tahun di PPT Bunga Siwalan Surabaya.
Metode penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Bunga Siwalan Surabaya menjadi peningkatan kemampuan kognitifnya setelah menggunakan media pasir. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 73,75% dan pada pertemuan 2 mencapai 88,75%. Sehingga pada siklus II diperoleh rerata 81,25% berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media pasir di PPT Bunga Siwalan Surabaya. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kriatif memilih media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
Actions (login required)
|
View Item |