RATMAIWATI, KESY
(2019)
PENERAPAN ICE BREAKING DALAM MEMOTIVASI KEGIATAN BELAJAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CATURSARI TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kegiatan belajar anak identik dengan bermain yang menyenangkan, peran pendidik sebagai motivator sangat dibutuhkan dalam mendukung pendidikan anak usia dini. Kejenuhan pada anak sering terjadi karena mempunyai daya konsentrasi yang pendek, dalam pembelajaran dibutuhkan waktu jeda sebagai masa peralihan situasi untuk memecahkan kebekuan suasana belajar dengan memotivasi kekiatan belajar anak dengan menerapkan Ice Breaking sebagai kegiatan pendukung utama dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan Ice Breaking dalam memotiasi kegiatan belajar anak dengan melihat secara langsung proses belajar mengajar melalui penelitian kualitatif deskriptif. Dalam enelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam memotivasi para pendidik dalam memberikan kegiatan belajar anak yang terbaik untuk anak, karena pendidik anak usia dini bukan hanya bertugas mendidik saja tetapi harus mampu sebagai inspirator dan motivator bagi anak didiknya.
Terbukti dari penerapan Ice Breaking dengan adanya perubahan dari jumlah siswa 25 anak ada 3-5 anak berkurang menjadi 2-3 anak yang belum bisa mengikuti kegiatan belajar yang edutainment dengan pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian bahwa penerapan Ice Breaking dalam memotivasi kegiatan belajar anak usia 3-4 tahun di PPT Catursari Surabaya, sangat efektif digunakan sebagai pendukung utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ada. Saran bagi pendidik selalu berinovatif membuat Ice Breaking sesuai materi yang akan diberikan.
Actions (login required)
|
View Item |