HANDAYANI, TRI NUR
(2019)
UPAYA MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PPT CINTA ANANDA KECAMATAN KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perilaku agresif adalah suatu tindakan menyakiti atau merugikan orang lain baik secara fisik maupun lisan, atau fisik maupun mental. Perilaku tersebut muncul karena adanya tekanan perasaan negatif seperti meluapnya amarah dalam diri dan agresif. Perilaku agresif ini dialami oleh peserta didik di PPT Cinta Ananda kecamatan Kenjeran Surabaya sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bercerita dengan boneka tangan di PPT. Cinta Ananda kecamatan Kenjeran Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknis analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini termasuk kategori sangat baik apabila perilaku agresif anak kurang dari 20%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan prilaku agresif anak dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan. Pada tahap Pra Siklus perilaku agresif anak mencapai 93,33% mengalami penurunan perilaku agresif 60% pada Siklus 1, dan menjadi 6,7% pada Siklus II.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat megurangi perilaku agresif di PPT Cinta Ananda dengan kriteria sangat baik. Untuk itu disarankan kepada para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam penggunaan metode bercerita dengan boneka tangan.
Actions (login required)
|
View Item |