QOMARIYAH, SITI NUR
(2019)
PENGARUH BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN NAMA BINATANG BUAS DI PPT HARAPAN BUNDA KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan menyebutkan nama binatang buas dengan menggunakan media gambar dalam rangka menyebutkan nama binatang buas anak belum optimal karena pembelajaran belum menggunakan media yang menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bercerita menggunakan media gambar anak usia dini melalui media gambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kuantitatif.Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 anak. Variabel independen penelitian adalah kemampuan bercerita binatang buas dengan variabel dependen adalah kemampuan menyebut nama binatang buas. Metode dalam penelitian ini adalah peneliti menceritakan sebuah cerita kepada anak didik dengan diadakannya pre tes dan post tes.
Hasil penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar anak usia dini di PPT Harapan Bunda Kecamatan Tandes Surabaya, menunjukan bahwa terjadi pengaruh beraktivitas dalam kegiatan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 60% nilai rata-rata sebesar yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan mengalami peningkatan 80% yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Melalui Media Gambar ternyata dapat meningkatkan aktifitas belajar anak usia dini di PPT Harapan Bunda Kecamatan Tandes Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |