PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ASTER KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA

SETYOWATI, ERNI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ASTER KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190118_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23484.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak usia 3-4 dalam mengenal bentuk geometri di PPT Aster Kecamatan Bubutan Surabaya. Oleh karena itu diperlukan adanya tindakan kelas berupa permainan kolase dengan media biji-bijian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk pada anak usia 3-4 tahun di PPT Aster Kecamatan Bubutan Surabaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya adalah anak usia 3-4 tahun di kelompok B di PPT Aster Kecamatan Bubutan Surabaya yang terdiri dari 11 anak putra dan 12 anak putri. Teknis pengumpulan data mengunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Pada pra siklus kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri memperoleh nilai rata-rata 61,59%. Setelah dilakukan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,8% menjadi 65,39%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,68% menjadi 78,07%. Sedangkan batas minimal nilai indikator keberhasilan adalah 75%. Peningkatan tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu memperoleh kriteria Berkembang Sangat Baik {BSB}. Dengan demikian, terjadi Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Aster Kecamatan Bubutan Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Aster Kecamatan Bubutan Surabaya. Untuk itu disarankan kepada para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAIKHON, MUHAMMADNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bentuk Geometri, Kegiatan Kolase PPT Aster.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:21
Last Modified: 02 Dec 2021 02:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item