SUMIYAH, SUMIYAH
(2019)
PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT HARAPAN BANGSA KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Bermain puzzle adalah salah satu permainan yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak khususnya kemampuan mengenal lambang bilangan, karena kegiatan bermain puzzle sangat menarik perhatian dan minat anak. Melalui bermain puzzle anak-anak merasa senang dan tidak merasa bosan karena media puzzle memiliki warna dan gambar yang disukai anak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada kelompok B di PPT Harapan Bangsa kecamatan Krembangan kota Surabaya melalui bermain puzzle. Tehnik analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitf anak yang dicapai anak didik kelompok B PPT Harapan Bangsa Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan bercerita anak mengalami peningkatan sebesar 33,55%, pada siklus I sebesar 56,74% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,93%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran pada siklus melalui kegiatan mengenal lambang bilangan melalui bermain puzzle ini dinyatakan berhasil karena kemampuan kognitif anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.
Actions (login required)
|
View Item |