MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PELANGI TEGAL SARI SURABAYA

SUNARTI, SUNARTI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PELANGI TEGAL SARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190131_abstract.pdf

Download (850kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23599.html

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Rendahnya kemampuan sosial anak uaia 3-4 tahun di PPT Pelangi Tegalsari Surabaya, dikarenakan dalam pembelajaaran yang kurang menarik dan kurang bervariasinya permainan membuat anak bosan dan terkesan monoton, sehingga membuat anak kurang bersosialisasi dengan teman dan suka berebut mainan untuk bermain sendiri, belum bisa mengikuti aktifitas, bekerjasama Maupun menunggu giliran dalam permainan kelompok, agar kemampuan sosial anak meningkat guru melakukan tindakan dengan memberikan permainan yang bervariasi dan menarik melalui permainan bola beranting. Tujuan penelitian ini untk meningkatkan kemampuan sosial pada anak usia 3-4 tahun melalui permaianan bola beranting di PPT Pelangi Tegalsari Surabaya, Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, metode yang digunakan adalah observasi, teknik analisis data yang digunakan deskriptif. Indicator penelitian ini adalah bila kemampuan sosial anak mencapai ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui permainan bola beranting dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak usia 3-4 tahun di PPT Pelangi Tegalsari Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan yang terjadi pada tiap siklusnya, pada Pra siklus kemampuan sosial anak yang di capai masuk dalam kriteria mulai berkembang (MB) 70%, setelah di lakukan tindakan pada siklus 1 kemampuan sosial anak meningkat masuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan dengan nilai 65% , dan pada siklus 11 meningkat dengan nilai 90% masuk dalam kriteria berkembang sangat baik . Kesimpulan bahwa pada siklus 11 sudah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥75%, maka PTK ini berakhir pada siklus 11 untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media dan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan sosial anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAIMUNAH, SITINIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Sosial, Bola Beranting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:51
Last Modified: 11 Apr 2023 03:36
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item