PUTRI, AYU ALFA LAVIA
(2019)
PENERAPAN TERAPI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI BRONCOPNEUMONIA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS DI RUANG D2 RSAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ansietas akibat hospitalisasi pada anak prasekolah dapat membuat anak
menjadi gelisah dan ketakutan sehingga anak tidak mau bekerja sama dalam
tindakan medikasi dan dapat mengganggu proses penyembuhan anak. Tujuan dari
studi kasus ini yaitu melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien anak
prasekolah yang mengalami ansietas akibat hospitalisasi di Ruang D2 RSAL
Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk kasus.
Subjek penelitian adalah dua pasien anak dengan masalah keperawatan ansietas di
ruang D2 RSAL Surabaya. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 5-6
November 2018 dengan teknik wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik.
Hasil studi kasus pada kedua pasien setelah dilakukan penerapan terapi
bermain lego mengalami penurunan tingkat kecemasan secara bertahap dan
konsisten dimana respon pada kedua pasien menjadi tenang, wajah tidak tegang,
pola tidur teratur, tidak menangis, serta nafsu makan membaik.
Simpulan dari studi kasus ini bahwa terapi bermain lego efektif dalam
menurunkan tingkat ansietas pada anak. Saran bagi pasien dan keluarga
diharapkan mampu menerapkan terapi bermain lego sebagai alternatif untuk
mengurangi kecemasan pada anak saat mengalami hospitalisasi, dan bagi perawat
ruangan untuk dapat menerapkan tindakan mandiri perawat dengan menerapkan
terapi bermain lego agar klien dapat mencapai tindakan yang optimal.
Actions (login required)
|
View Item |