Hubungan Karakteristik Pasien Pengguna Kartu BPJS dengan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan

Muhith, Abdul and Siyoto, Sandu and Rahmah, Risna Elvia (2017) Hubungan Karakteristik Pasien Pengguna Kartu BPJS dengan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan. Medica Majapahit, 9 (1). pp. 72-83. ISSN 2085-3793

[img]
Preview
PDF
Hubungan Karakteristik Pasien Pengguna Kartu BPJS dengan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://103.38.103.27/lppm/index.php/MM/article/vie...

Abstract

Untuk menjamin keberhasilan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, puskesmas diharapkan pengembangan kualitas pelayanan unggul kepada masyarakat. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi masyarakat, diselenggarakan upaya kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam bentuk upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Desain penelitian ini adalah analitik korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik pasien pengguna kartu BPJS dengan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan dengan pendekatan Cross Sectional.Variabel independent adalah karakteristik pasien pengguna kartu BPJS yang terdiri dari: umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan, sedangkan Variabel dependen adalah persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan. Sampel penelitian sebanyak 328 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Regresi Logistik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa hanya variabel usia yang memiliki hubungan dengan kualitas pelayanan bagi pasien pengguna kartu BPJS di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan (p= 0,000), sedangkan pada variabel jenis kelamin (p= 0,761), Pendidikan (p= 0,687), Pekerjaan (p= 0,347) dan Penghasilan (p= 0,891) tidak terdapat hubungan yang signifikan. Bagi tenaga kesehatan hendaknya mempertahankan kualitas pelayaan yang sudah direspon secara positif oleh pasien pengguna kartu BPJS. Diharapkan kepada petugas pelayanan kesehatan di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan untuk memberikan pelayanan tanpa memandang karakteristik pasien terutama pasien pengguna kartu BPJS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pasien, Kualtias Pelayanan, BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 26 Jun 2020 11:00
Last Modified: 26 Jun 2020 11:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6156

Actions (login required)

View Item View Item