Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan Paikem

Ghufron, Syamsul and Nafi'ah, Ririn Imroatun and Markub, . and Nafiah, . (2020) Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan Paikem. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2). pp. 89-101. ISSN 2614-0578

[img]
Preview
PDF
Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan PAIKEM.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Tujuan umum tersebut diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus: (1) mendeskripsikan aktivitas guru, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa, (3) mendeskripsikan respons siswa, dan (4) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) respons siswa, dan (4) kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Data tersebut bersumber dari guru dan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sugio, Lamongan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket dengan instrumen lembar observasi guru dan siswa, angket, dan soal tes hasil belajar. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM dapat menjadikan siswa memiliki keterampilan menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara dengan kualifikasi baik. Simpulan ini dirumuskan berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas guru, aktivitas siswa, respons siswa, dan kompetensi siswa yang semuanya mencapai persentase 81% ke atas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, teks narasi, teks wawancara, PAIKEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:39
Last Modified: 08 Apr 2021 04:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item