Sholihah, Nur Laili habibatush and Kasiyun, Suharmono and Hidayat, Muhammad Thamrin and Akhwani, . (2020) Pengaruh Kegemaran Membaca di Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Kutisarii II Surabaya. JIPIS, 29 (1). pp. 36-47. ISSN 2686-0147
|
PDF
Pengaruh Kegemaran Membaca di Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Kutisarii II Surabaya.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review akhwani.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin akhwani.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kutisari II Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 51 siswa. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi penelitian ini adalah dosen ahli di bidang pendidikan dan menggunakan program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan analisis uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca termasuk kategori baik sebesar 57%, hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk kategori cukup baik sebesar 29%. Kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah mempunyai pengaruh positif yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi perason pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 yang berarti 0,360 ≥ 0,01. Hasil taraf signifikan sebesar 0,009 (0,009 < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan membaca di perpustakaan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori rendah yaitu pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 (0,20 – 0,3999).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan membaca, perpustakaan sekolah, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 06:13 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 06:13 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6656 |
Actions (login required)
View Item |