Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Dasar

Rohmah, Syifaur and Hartatik, Sri and Akhwani, Akhwani and Sunanto, Sunanto (2021) Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (4). pp. 2472-2481. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
PDF
Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review akhwani.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin akhwani.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/...

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo yang mengalami pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika di SDN Kedungbateng Tanggulangin Sidoarjo dikarenakan peserta didik sudah mulai bosan , sulit memahami pembelajaran matematika secara langsung dan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar matematika pada saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembebelajaran daring terhadap minat belajar matematika dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar matematika. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan 123 peserta didik, pendidik, kepala sekolah di SDN Kedungbanteng Tanggulangin Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi, obeservasi. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner menunjukkan dari 123 terdapat 38 peserta didik tergolong rendah karena ada beberapa peserta didik kurang tertarik dalam mengumpulkan tugas karena ketiduran dan menunggu orang tua. Peran orang tua salah faktor yang dapat mendukung minat belajar matematika. Hampir semua menunjukkan peserta didik dibantu orang tuanya dalam mengumpulkan tugas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring 282; Minat Belajar 20; Covid-19 232; Matematika 62
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:21
Last Modified: 13 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item View Item