Sholihah, Nasihatus and Hartatik, Sri and Akhwani, Akhwani and Sunanto, Sunanto (2021) Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (4). pp. 2482-2488. ISSN 2580-1147
|
PDF
Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review akhwani.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin akhwani.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan anak untuk mencetak generasi penerus yang memiliki kompetensi yang bisa diandalkan dan bisa bersaing dengan dunia luar yang tidak hanya bergantung pada secara formal tetapi harus diawali dengan pendidikan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika saat pandemi covid 19 di SDN 291 Gresik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 77 siswa yaitu siswa kelas 1 sampai 5 di SDN 291 Gresik. Data diperoleh dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji hipotesis. Berdasarkan analisis data hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r_hitung 0,226 dan r_tabel 0,188, hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar. Analisis uji hipotesis (uji F) menghasilkan nilai F_hitung = 4,023 dan nilai signifikan adalah 0,048, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika saat pandemi covid di SDN 291 Gresik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:33 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 07:15 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6688 |
Actions (login required)
View Item |