Asmara, Berda and Mariati, Pance (2019) Penggunaan Media Bahan Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Paud Di Kota Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1). pp. 40-54. ISSN 2599-0438
|
PDF
Penggunaan Media Bahan Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Paud Di Kota Surabaya.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review pance mariati.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review berda asmara.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin pance mariati.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin berda asmara.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kreativitas melalui media bahan daur ulang merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kreativitas guru PAUD (TK/RA) di Kota Surabaya. Dalam pelaksanaannya adalah pendidik/guru PAUD membuat media pembelajaran yang cocok untuk anak usia dini dengan memanfaatkan media bahan daur ulang, sampai sejauh ini kreativitas yang ditunjukkan guru PAUD (TK/RA) di Kota Surabaya belum semua menunjukkan kreativitasnya hanya 22% saja yang sudah terlihat kreativitasnya terlebih dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Memanfaatkan media bahan daur ulang oleh guru PAUD (TK/RA) masih terasa jauh dari keterjangkauan. Kreativitas merupakan hal yang terpenting khususnya bagi guru / pendidik di PAUD. Kreativitas yang ditujukan untuk mengembangkan anak dalam hal kemampuan berfikir, berapresiasi, bereksplorasi dan berkreasi. Dalam memanfaatkan bahan daur ulang, guru dan anak- anak belajar mengolah perasaan, kepekaan, intuisi dan imajinasinya. Dengan demikian kreativitas di PAUD (TK/RA) menjadi strategis dalam pengembangan kreativitas guru / pendidik dan menyenangkan anak dalam pembelajaran sehari- hari di Lembaga PAUD. Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut, sangat diperlukan penelitian yang ditujukan untuk memanfaatkan media bahan daur ulang untuk meningkatkan kreativitas guru / Pendidik di PAUD (TK?RA) yang ada di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas guru PAUD (TK & RA) di Kota Surabaya, dimana peneliti terlibat langsung dalam proses pemanfaatan media bahan daur ulang yang dijadikan Alat Permainan Edukatif anak usia dini (anak didik). Dalam penelitian ini, peneliti meneliti tentang penggunaan media bahan daur ulang untuk meningkatkan kreativitas Guru PAUD (TK/RA) di Kota Surabaya. Proses pembuatan media bahan daur ulang dirasa berhasil dalam meningkatkan kreativitas Guru PAUD (TK/RA). Pada siklus I ketuntasan meningkatakan kreativitas Guru PAUD (TK/RA) sebesar 65% meningkat di siklus II menjadi 83%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media bahan daur ulang,kreativitas, Guru PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 07:48 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6708 |
Actions (login required)
View Item |