PUSPITA, DIYAN AYU (2014) GAMBARAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI ANAK AUTIS DI SEKOLAH HARAPAN BUNDA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT-KP-140038_abstract.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan merawat diri harus sudah terbentuk sejak dini hal ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari karena dapat berpengaruh pada kemandirian anak. namun anak yang mengalami autis mengalami permasalahan yang sangat kompleks seperti kemampuan merawat diri atau biasa disebut Actifity Daily Living (ADL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan merawat diri anak autis di sekolah Harapan Bunda Surabaya. Desain penelitian menggunakan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak autis sebesar 28 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel sebesar 28 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Data diolah menggunakan editing, scoring, coding dan tabulating dan dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 28 anak autis hampir setengahnya (46,6%) mempunyai kemampuan merawat diri secara mandiri, hampir setengah (32.2%) mempunyai kemandirian yang kurang, sebagian kecil (21.4%) mempunyai kemandirian yang cukup, tidak satupun (0%) mempunyai kemandirian tidak mandiri. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan merawat diri anak autis di Sekolah Harapan Bunda Surabaya sebagian besar mampu merawat diri secara mandiri. Diharapkan Sekolah Harapan Bunda dapat meningkatkan pelayanan pendidikan salah satunya dengan cara mengikuti pelatihan bagi para guru atau terapis.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan merawat diri, autis |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA790-790.95 Mental health. Mental illness prevention |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 18 Dec 2016 21:17 |
Last Modified: | 18 Dec 2016 21:17 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/692 |
Actions (login required)
View Item |