TEACHER AND STUDENTS RESPONSES OF USING TELEGRAM AS A MEDIA IN LEARNING ENGLISH LISTENING SKILL

KHASANA, USWATUN (2021) TEACHER AND STUDENTS RESPONSES OF USING TELEGRAM AS A MEDIA IN LEARNING ENGLISH LISTENING SKILL. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IG-210011_abstract.pdf

Download (872kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29368.html

Abstract

KHASANA, USWATUN. 2021. Teacher and Students’ Responses of Using Telegram as a Media in Learning English Listening Skill. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. 1) Tiyas Saputri Penetapan MDGs (Millenium Development Goals) oleh pemerintah pada tahun 2015 menuntut seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja keras dalam mempersiapkan generasi bangsa agar siap berkompeten di pasar global. Salah satu kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing di pasar global adalah penguasaan bahasa asing global seperti bahasa Inggris. Listening masih tertinggal di dalam kelas padahal pembelajaran listening perlu latihan intensif karena pada saat siswa mendengarkan siswa tidak dapat mengontrol kecepatan speaker pada audio, kurangnya kosa kata yang menyulitkan siswa untuk memahami kunci dari listening. Fokus penelitian ini adalah 1) Penggunaan Telegram sebagai media dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris, 2) Tanggapan siswa tentang penggunaan Telegram sebagai media dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris, 3) Tanggapan guru tentang penggunaan Telegram sebagai media dalam mempelajari keterampilan mendengarkan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan hasil respon guru dan siswa yang diperoleh dari sumber data primer dari angket dan data sekunder dari observasi saat proses pembelajaran secara berkelompok. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dari guru dan siswa dan triangulasi metode dari angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan pengamatan peneliti dari data observasi dan angket, guru dan siswa memberikan respon dengan mudah, menarik, menikmati dan praktis menggunakan Telegram sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaputri, TiyasNIDN0718028506tiyass@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keterampilan Menyimak Bahasa Inggris, Menyimak, Telegram, Tanggapan.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:35
Last Modified: 19 Jan 2022 02:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7057

Actions (login required)

View Item View Item