PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BOTOPUTIH SURABAYA

RIZKIA, ANITA (2021) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BOTOPUTIH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210046_abstract.pdf

Download (943kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29154.html

Abstract

Rizkia, Anita.2021 Peran Guru dan Orangtua dalam Menanamkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Percaya diri merupakan suatu keyakinan dalam diri bahwa berbagai tantangan hidup harus dihadapi. Di mulai sejak usia dini, anak diajarkan untuk selalu percaya diri dalam melakukan suatu hal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis kepada anak yang mengalami masalah kepercayaan diri seperti anak yang bersikap menyendiri, tidak mau bersosialisasi dengan teman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimana Peran Guru dan Orang Tua Dalam Menanamkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dan orangtua dalam menanamkan kepercayaan diri anak usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu. peran guru dan orang tua sangat diperlukan dalam perkembangan kepercayaan diri anak. Guru dan Orang tua berperan sebagai pembimbing dalam perkembangan kepercayaan diri anak, yaitu membimbing anak ketika anak belum mampu melakukan kegiatan sendiri ataupun membimbing dalam hal bersikap yang baik, dengan cara menjelaskan dan memberi arahan dengan memberi contoh terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran yang diberikan guru dan orang tua berpengaruh besar terhadap perkembangan kepercayaan diri anak. Oleh karena itu orangtua dan guru harus menjalin kerja sama yang baik agar semua aspek perkembangan anak berkembang dengan maksimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Peran Guru dan Orangtua
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:11
Last Modified: 19 Jan 2022 06:11
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item