RIZKIA, ANITA
(2021)
PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BOTOPUTIH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rizkia, Anita.2021 Peran Guru dan Orangtua dalam Menanamkan Kepercayaan Diri
Anak Usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Percaya diri merupakan suatu keyakinan dalam diri bahwa berbagai tantangan
hidup harus dihadapi. Di mulai sejak usia dini, anak diajarkan untuk selalu percaya diri
dalam melakukan suatu hal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis
kepada anak yang mengalami masalah kepercayaan diri seperti anak yang bersikap
menyendiri, tidak mau bersosialisasi dengan teman. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah“Bagaimana Peran Guru dan Orang Tua Dalam Menanamkan Kepercayaan
Diri Anak Usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya”.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dan orangtua dalam
menanamkan kepercayaan diri anak usia 5-6tahun di TK Botoputih Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan
data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu. peran guru dan orang tua sangat diperlukan dalam
perkembangan kepercayaan diri anak. Guru dan Orang tua berperan sebagai
pembimbing dalam perkembangan kepercayaan diri anak, yaitu membimbing anak
ketika anak belum mampu melakukan kegiatan sendiri ataupun membimbing dalam hal
bersikap yang baik, dengan cara menjelaskan dan memberi arahan dengan memberi
contoh terlebih dahulu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran yang diberikan guru dan orang tua
berpengaruh besar terhadap perkembangan kepercayaan diri anak. Oleh karena itu
orangtua dan guru harus menjalin kerja sama yang baik agar semua aspek
perkembangan anak berkembang dengan maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |