RATNASARI, DENI
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN MEMANCING BENTUK GEOMETRI DI PPT TUNAS BANGSA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ratnasari, Deni. 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun
Melalui Permainan Memancing Bentuk Geometri di PPT Tunas Bangsa
Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya.
Penelitian ini dilator belakangi oleh masih rendahnya kemampuan
kognitrif anak di PPT Tunas Bangsa Kelurahan Menanggal Kecamatan Gayungan
Kota Surabaya. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat
menemukan cara yang tepat berkenaan dengan kemampuan kognitif anak, yaitu
bermain memancing bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang
dilakukan oleh peneliti dilakukan di lingkungan sekolah dan secara luring.
Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 50% dan masuk
kategori Cukup meningkat pada siklus kedua dengan pencapaian 84%, masuk
kategori Sangat Baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan
memancing dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di PPT
Tunas Bangsa Kelurahan Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya dan
disarankan para guru dapat berkreasi menciptakan permainan-permainan edukatif
bervarian sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar.
Actions (login required)
|
View Item |