PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS DI TK AL-FARIDZI KELURAHAN TAMBAK WEDI KENJERAN SURABAYA

LESTIANA, IKA (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS DI TK AL-FARIDZI KELURAHAN TAMBAK WEDI KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210059_abstract.pdf

Download (457kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29243.html

Abstract

Ika Lestiana, 2021. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pemanfaatan Bahan Bekas di TK Al - Faridzi Kelurahan Tambak Wedi Kenjeran Surabaya. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Masa golden age anak usia diniyang berkaitan dengan motorik halus sangat penting dikembangkanuntuk melatih agar terampil dan cermat menggunakan jarijemarinya dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan motorik halus yang memerlukan koordinasi mata dan tangan masih banyak yang belum bisa menunjukkan gerakangerakan dengan tepat, dan masih sering salah ketika diminta untuk menunjukkan gerakan-gerakan tersebut dalam kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode demontrasi dalam pemanfaatan barang bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 34 anak usia 5- 6 tahun.Teknik pengumpulan dan analisa data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus padakemampuan motorik halus anakdi TK Al Faridzi Surabaya diperoleh nilai rata-rata 48% dengan keriteria kurang. Siklus I meningkat diperoleh hasil 65% dengan kriteria baik. Sedangkan kemampuan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan kriteria sangat baik. Ini sudah sesuai dengan perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun yaitu koordinasi motorik anak sudah lebih sempurna. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode demontrasi dalam pemanfaatan bahan bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun TK Al Faridzi Surabaya. Di sarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak tidak merasa bosan dan kegiatan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus anak usia dini, metode demontrasi, pemanfaatan bahan bekas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:41
Last Modified: 19 Jan 2022 07:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item