GAMBARAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL DI TINJAU DARI FAKTOR PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR PUTIH WONOKROMO SURABAYA

HARYONO, MIRA NOERBAYATI (2021) GAMBARAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL DI TINJAU DARI FAKTOR PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR PUTIH WONOKROMO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210083_abstract.pdf

Download (711kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29633.html

Abstract

Noerbayati Mira 2021.Latar Belakang Penelitian ini melihat kaitan antara perkembangan emosional Anak dengan penggunaan Smartphone anak usia dini, yakni seperti Game, YouTube, dll.Anak yang terlalu sering bermain Smartphone dapat menimbulkan dampak postitif maupun negative termasuk perkembangan sosial emosionalnya. Tujuan penelitian mengevaluasi Gambaran Perkembangan Emosional di Tinjau dari Faktor penggunaan Smartphone pada anak usia 3 - 4 tahun di PPT Mawar Putih Wonokromo Surabaya. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif deskriptif adalah metode yang menggambarkan keadaan atau gejala apa adanya berdasarkan fakta yang ada dilapangan agar suatu kondisi atau peristiwa dapat dipahami secara baik. dengan subjek penelitian nya adalah anak PPT Mawar Putih yang terdiri dari 14 anak 9 laki-laki dan 5 perempuan. Serta wawancara dengan orang tua 14 orang, dan guru kelas 1 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan matematis agar peneliti mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai kemudian dikategorikan dalam bentuk berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan, mulai berkembang, belum berkembang dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan emosional anak dalam penggunaan Smartphone dari 14 anak yang menggunakan Smartphone perkembangan emosionalnya berkembang sesuai harapan 10 anak ( 75%) ,dan yang mulai berkembang setara ada 3 (15%) anak.Sedangkan yang belum berkembang ada 1 (10%) anak. Oleh sebab itu penggunaan Smartphone harus dibatasi. Simpulan Penelitian ini mengenai gambaran perkembangan emosional di tinjau dari penggunaan smartphone pada anak usia 3-4 tuhan di PPT Mawar Putih dengan pemberian batas waktu menggunakan smartphone yang dilakukan oleh orang tua dengan arahan guru melalui pembelajaran luring dengan menggunakan 5 indikator moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa,sosial emosional, seperti Hasil observasi menunjukkan bahwa Gambaran Perkembangan Emosional di Tinjau dari Faktor penggunaan Smartphone pada anak usia 3-4 tahun di PPT Mawar Putih Wonokromo dengan nilai baik sebanyak 10 anak. Disarankan Gambaran Perkembangan Emosional di Tinjau dari Faktor penggunaan Smartphone pada anak usia 3-4 tahun di PPT Mawar Putih Wonokromo bisa menjdi referensi dan memberikan pengetahuan serta inspirasi untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Emosional ,Smartphone , Kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:15
Last Modified: 20 Jan 2022 02:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item