HARYONO, MIRA NOERBAYATI
(2021)
GAMBARAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL DI TINJAU DARI FAKTOR PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR PUTIH WONOKROMO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Noerbayati Mira 2021.Latar Belakang Penelitian ini melihat kaitan antara
perkembangan emosional Anak dengan penggunaan Smartphone anak usia dini,
yakni seperti Game, YouTube, dll.Anak yang terlalu sering bermain Smartphone
dapat menimbulkan dampak postitif maupun negative termasuk perkembangan
sosial emosionalnya. Tujuan penelitian mengevaluasi Gambaran Perkembangan
Emosional di Tinjau dari Faktor penggunaan Smartphone pada anak usia 3 - 4
tahun di PPT Mawar Putih Wonokromo Surabaya.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif deskriptif
adalah metode yang menggambarkan keadaan atau gejala apa adanya berdasarkan
fakta yang ada dilapangan agar suatu kondisi atau peristiwa dapat dipahami secara
baik. dengan subjek penelitian nya adalah anak PPT Mawar Putih yang terdiri
dari 14 anak 9 laki-laki dan 5 perempuan. Serta wawancara dengan orang tua 14
orang, dan guru kelas 1 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang dilakukan adalah
perhitungan matematis agar peneliti mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai
kemudian dikategorikan dalam bentuk berkembang sangat baik, berkembang
sesuai harapan, mulai berkembang, belum berkembang dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan emosional anak dalam
penggunaan Smartphone dari 14 anak yang menggunakan Smartphone
perkembangan emosionalnya berkembang sesuai harapan 10 anak ( 75%) ,dan
yang mulai berkembang setara ada 3 (15%) anak.Sedangkan yang belum
berkembang ada 1 (10%) anak. Oleh sebab itu penggunaan Smartphone harus
dibatasi.
Simpulan Penelitian ini mengenai gambaran perkembangan emosional di
tinjau dari penggunaan smartphone pada anak usia 3-4 tuhan di PPT Mawar Putih
dengan pemberian batas waktu menggunakan smartphone yang dilakukan oleh
orang tua dengan arahan guru melalui pembelajaran luring dengan menggunakan
5 indikator moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa,sosial emosional, seperti
Hasil observasi menunjukkan bahwa Gambaran Perkembangan Emosional di
Tinjau dari Faktor penggunaan Smartphone pada anak usia 3-4 tahun di PPT
Mawar Putih Wonokromo dengan nilai baik sebanyak 10 anak. Disarankan
Gambaran Perkembangan Emosional di Tinjau dari Faktor penggunaan
Smartphone pada anak usia 3-4 tahun di PPT Mawar Putih Wonokromo bisa
menjdi referensi dan memberikan pengetahuan serta inspirasi untuk peneliti
selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |