PUJIATI, ENDANG AGUS
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KREATIFITAS ANAK USIA 2-3 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE DI POSPAUD MICKEY MOUSE TROPODO-KRIAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pujiati, Endang Agus, 2021. Skripsi “Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri melalui kreatifitas anak usia 2-3 tahun dengan menggunakan
puzzle di Pospaud Mickey Mouse desa Tropodo-Krian”. Program studi
PG.PAUD. FKIP. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.Pembimbing
Muhammad Syaikhon S.H.I, M.H.I
Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan masih rendahnya
kemampuan mengenal bentuk geometri siswa kelompok Bintang di Pospaud Mickey
Mouse jadi latar belakang penelitian. Realitas tersebut bisa diamati dari ketuntasan
mengenal bentuk geometri hanya 41,7%.Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kreatifitas anak usia 2-3
tahun dengan menggunakan puzzle. Metode penelitian data yang dipakai penelitian
diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang
yaitu siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 11 tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah anak usia 2-3 tahun sejumlah 12 anak.Hasil penelitian membuktikan ada
peningkatan nilai ketuntasan belajar dari pra siklus= 41,7% kategori cukup, siklus2=
72,9%, termasuk kategori baik. Pada pra siklus belum ada anak mencapai BSH, pada
siklus 2 ada 11 dari 12 anak mencapai BSH, atau 92% anak kategori
berkembang.Simpulan secara umum, Untuk mengevaluasi meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri dapat dilakukan dengan kreatifitas permainan puzzle. Saran
bagi guru buat perencanaan mengajar dengan teliti dan detail. . Pada pra siklus belum
ada anak mencapai BSH, pada siklus 2 ada 11 dari 12 anak mencapai BSH, atau 92%
anak kategori berkembang.
Actions (login required)
|
View Item |