MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KREATIFITAS ANAK USIA 2-3 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE DI POSPAUD MICKEY MOUSE TROPODO-KRIAN

PUJIATI, ENDANG AGUS (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KREATIFITAS ANAK USIA 2-3 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE DI POSPAUD MICKEY MOUSE TROPODO-KRIAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210089_abstract.pdf

Download (832kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29944.html

Abstract

Pujiati, Endang Agus, 2021. Skripsi “Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kreatifitas anak usia 2-3 tahun dengan menggunakan puzzle di Pospaud Mickey Mouse desa Tropodo-Krian”. Program studi PG.PAUD. FKIP. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I, M.H.I Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan masih rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri siswa kelompok Bintang di Pospaud Mickey Mouse jadi latar belakang penelitian. Realitas tersebut bisa diamati dari ketuntasan mengenal bentuk geometri hanya 41,7%.Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kreatifitas anak usia 2-3 tahun dengan menggunakan puzzle. Metode penelitian data yang dipakai penelitian diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 11 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 2-3 tahun sejumlah 12 anak.Hasil penelitian membuktikan ada peningkatan nilai ketuntasan belajar dari pra siklus= 41,7% kategori cukup, siklus2= 72,9%, termasuk kategori baik. Pada pra siklus belum ada anak mencapai BSH, pada siklus 2 ada 11 dari 12 anak mencapai BSH, atau 92% anak kategori berkembang.Simpulan secara umum, Untuk mengevaluasi meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dapat dilakukan dengan kreatifitas permainan puzzle. Saran bagi guru buat perencanaan mengajar dengan teliti dan detail. . Pada pra siklus belum ada anak mencapai BSH, pada siklus 2 ada 11 dari 12 anak mencapai BSH, atau 92% anak kategori berkembang.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Geometri, permainan Puzzle dan Kreatifitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:45
Last Modified: 20 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item