INDAYANTI, RIRIS
(2021)
PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP KERJASAMA ANAK TK B DI PAUD AZ-ZAHROH DAMARSI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Latar Belakang penelitian ini merupakan kurangnya penerapan metode
pembelajaran yang melibatkan kelompok sehingga menyebabkan adanya sebagian
anak yang belum berkembang secara optimal dalam melakukan Kerjasama.
Kerjasama merupakan aspek sosial yang penting bagi anak sebagai tujuan
menumbuhkan kerjasama anak.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengevaluasi pembelajaran menggunakan
metode proyek untuk meningkatkan Kerjasama anak TK B di PAUD Az-Zahroh
Damarsi Kabupaten Sidoarjo. Langkah yang digunakan pendidik yaitu memberikan
kegiatan yang tepat khususnya strategi pelaksanaannya guna menunjang
keberhasilan pencapaian peningkatan kerjasama anak tumbuh secara ideal.
Metode penelitian yang di pakai peneliti yaitu diperoleh dari observasi, wawancara,
dan dokumentasi yang dilakukan kepada anak TK B di PAUD Az-Zahroh Damarsi
Kabupaten Sidoarjo berjumlah 7 orang anak. Penelitian ini dilakukan dengan
analisis pendekatan jenis Deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan
sehingga menjelaskan temuan dan didapat kesimpulan akhir.
Hasil penelitian ini terdapat temuan kesimpulan menunjukkan kemampuan
Kerjasama anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan pembiasaan
metode proyek yang melibatkan kelompok. Dari data awal menunjukkan anak yang
Belum Berkembang (BB) yaitu berjumlah 1 anak, Masih berkembang (MB)
berjumlah 4 anak, dan Berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 2 anak.
Namun setelah adanya pengevaluasian melalui pembelajaran proyek yang
dilakukan secara berulang-ulang dan melibatkan kelompok, semua anak sudah
menunjukkan perkembangan yang terlihat berkembang sangat baik (BSB), dimana
Mulai Berkembang (MB) berjumlah 2 anak, Berkembang sesuai harapan (BSH)
berjumlah 2 anak, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) berjumlah 3 anak.
Simpulan yang diperoleh penelitian ini menunjukkan bahwa mengevaluasi
pembelajaran metode proyek terdapat pengaruh dalam peningkatan kerjasama anak.
Artinya penerapan metode proyek dalam penelitian ini mampu meningkatkan
kemampuan Kerjasama anak TK B. Saran dari penelitian ini hendaknya
memberikan pembelajaran yang sesuai dengan capaian perkembangan dengan
menggunakan pembelajaran yang tepat, untuk mengembangkan dimensi
perkembangan anak.
Actions (login required)
|
View Item |