PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP KERJASAMA ANAK TK B DI PAUD AZ-ZAHROH DAMARSI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

INDAYANTI, RIRIS (2021) PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP KERJASAMA ANAK TK B DI PAUD AZ-ZAHROH DAMARSI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210031_abstract.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29093.html

Abstract

Latar Belakang penelitian ini merupakan kurangnya penerapan metode pembelajaran yang melibatkan kelompok sehingga menyebabkan adanya sebagian anak yang belum berkembang secara optimal dalam melakukan Kerjasama. Kerjasama merupakan aspek sosial yang penting bagi anak sebagai tujuan menumbuhkan kerjasama anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengevaluasi pembelajaran menggunakan metode proyek untuk meningkatkan Kerjasama anak TK B di PAUD Az-Zahroh Damarsi Kabupaten Sidoarjo. Langkah yang digunakan pendidik yaitu memberikan kegiatan yang tepat khususnya strategi pelaksanaannya guna menunjang keberhasilan pencapaian peningkatan kerjasama anak tumbuh secara ideal. Metode penelitian yang di pakai peneliti yaitu diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan kepada anak TK B di PAUD Az-Zahroh Damarsi Kabupaten Sidoarjo berjumlah 7 orang anak. Penelitian ini dilakukan dengan analisis pendekatan jenis Deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan sehingga menjelaskan temuan dan didapat kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini terdapat temuan kesimpulan menunjukkan kemampuan Kerjasama anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan pembiasaan metode proyek yang melibatkan kelompok. Dari data awal menunjukkan anak yang Belum Berkembang (BB) yaitu berjumlah 1 anak, Masih berkembang (MB) berjumlah 4 anak, dan Berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 2 anak. Namun setelah adanya pengevaluasian melalui pembelajaran proyek yang dilakukan secara berulang-ulang dan melibatkan kelompok, semua anak sudah menunjukkan perkembangan yang terlihat berkembang sangat baik (BSB), dimana Mulai Berkembang (MB) berjumlah 2 anak, Berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 2 anak, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) berjumlah 3 anak. Simpulan yang diperoleh penelitian ini menunjukkan bahwa mengevaluasi pembelajaran metode proyek terdapat pengaruh dalam peningkatan kerjasama anak. Artinya penerapan metode proyek dalam penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan Kerjasama anak TK B. Saran dari penelitian ini hendaknya memberikan pembelajaran yang sesuai dengan capaian perkembangan dengan menggunakan pembelajaran yang tepat, untuk mengembangkan dimensi perkembangan anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardiningrum, AndiniNIDN0703109202andinihardiningrum@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek, Kerjasama, Pembelajaran yang tepat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:27
Last Modified: 20 Jan 2022 04:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item