PUTRI, SISCA RATNA
(2021)
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK USIA SEKOLAH DI TPQ ROUDLOTUS SHOLIHIN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Menggosok gigi yakni suatu tindakan membersihkan gigi dan mulut dari sisa
makanan dan debris yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit gigi.
Terjadinya berbagai masalah gigi dikarenakan kurangnya pengetahuan. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan
media audiovisual terhadap perubahan perilaku menggosok gigi anak usia sekolah.
Metode penelitian yaitu Pra-Experimental dengan pendekatan One group
pre-post test design dengan sampel sebesar 28 responden. Teknik sampling
menggunakan simple random sampling, pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan wawancara, selanjutnya data di olah dan dan dianasilis menggunakan
uji Wilcoxon Sign Rank test ( = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji statistik Wilcoxon
Sign Rank Test didapatkan nilai = 0,000 dan = 0,05 berarti < maka Hᴏ
ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media
audio visual terhadap perubahan perilaku menggosok gigi anak usia sekolah di TPQ
Roudlotus Sholihin Surabaya.
Simpulan penelitian, pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media
audiovisual memberikan peningkatan perubahan perilaku menggosok gigi, yaitu
siswa mempraktikkan cara menggosok gigi dengan benar, serta frekuensi dan waktu
menggosok gigi yang tepat. Diharapkan anak usia sekolah dapat menerapkan apa
yang sudah diberikan dan megaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Actions (login required)
|
View Item |