ROSITA, RURY ELVA
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI UPT SDN 106 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan metode
STAD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode STAD merupakan metode belajar
dalam sebuah kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang. Metode pembelajaran ini
dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan
dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(Class Room Action Research) atau yang sering disebut dengan PTK, dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II siswa kelas III UPT SDN 106 Gresik
Presentase motivasi belajar siswa kriteria Baik 33,33%, Presentase Sangat Baik 66,66%.
Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Archicvement
Division (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah terbukti dapat
meningkatkan motivasi belajar.
Actions (login required)
|
View Item |