UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI UPT SDN 106 GRESIK

ROSITA, RURY ELVA (2021) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI UPT SDN 106 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210027_abstract.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29179.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan metode STAD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode STAD merupakan metode belajar dalam sebuah kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang. Metode pembelajaran ini dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) atau yang sering disebut dengan PTK, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II siswa kelas III UPT SDN 106 Gresik Presentase motivasi belajar siswa kriteria Baik 33,33%, Presentase Sangat Baik 66,66%. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Archicvement Division (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Motivasi Belajar, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:29
Last Modified: 12 Apr 2023 08:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item