MAHZUMAH, SITI
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PADA USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD HASANAH TERPADU KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Mahzumah, Siti.2021. Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Moral Anak Melalui
Kegiatan Mendongeng Pada Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Hasanah Terpadu
Kecamatan Sambikerep. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya
Bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak-anak
dengan membawa cerita kepada anak secara lisan. Dongeng merupakan salah satu
cara yang efektif dalam mendidik anak untuk menyampaikan sentuhan manusiawi
dan nilai sportivitas pada anak. Pos Paud Hasanah Terpadu merupakan sebuah
lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Kurikulum yang berlaku di Pos Paud
Hasanah Terpadu terkait dengan penanaman moral, lebih banyak dilakukan
melalui pembiasaan-pembiasaan tingkah laku dalam proses pembelajaran. Ini
dapat dilihat misalnya, mau minta maaf dan memaafkan, mulai bisa menunggu
giliran dan terbiasa antri, menghargai teman dan tidak memaksa kehendak,
membiasakan kata “tolong”, “pinjam” dan “permisi” dan sebagainya. Kondisi
yang seperti ini memunculkan ide bagi penulis yang juga pengajar di Pos Paud
Hasanah Terpadu untuk menerapkan kegiatan mendongeng dalam rangka
meningkatkan kemampuan perkembangan moral anak usia 3-4 tahun di Pos Paud
Hasanah Terpadu. Dan media yang di gunakan oleh pengajar di Pos Paud
Hasanah Terpadu adalah dongeng dengan menggunakan boneka jari.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan apakah kegiatan
mendongeng di Pos Paud Hasanah Terpadu Kecamatan Sambikerep Surabaya
dapat meningkatkan perkembangan moral pada anak usia dini. Penelitian ini
dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat
penelitian secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan 2 siklus dan setiap
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi dan studi
documenter. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase.
Hasil penelitian merupakan data dari pra siklus perkembangan moral awal anak
yang mencapai ketuntasan belajar hanya sebesar 15%, anak belum berkembang
(BB). Pada siklus 1 meningkat menjadi 45% dan di nyatakan Mulai Berkembang
(MB). Pada siklus 2 meningkat menjadi 75%yang mencapai kriteria Berkembang
Sesuai Harapan (BSH).
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan mendongeng dapat
meningkatkan kemampuan perkembangan moral anak usia 3-4 tahun di Pos Paud
Hasanah Terpadu Kecamayan Sambirerep Surabaya. Disarankan kepada guru
untuk memberikan kegiatan mendongeng dengan beberapa variasi media agar
anak lebih antusias lagi dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Actions (login required)
|
View Item |