MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PADA USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD HASANAH TERPADU KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA

MAHZUMAH, SITI (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PADA USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD HASANAH TERPADU KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210019_abstract.pdf

Download (783kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29040.html

Abstract

Mahzumah, Siti.2021. Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Moral Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Hasanah Terpadu Kecamatan Sambikerep. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak-anak dengan membawa cerita kepada anak secara lisan. Dongeng merupakan salah satu cara yang efektif dalam mendidik anak untuk menyampaikan sentuhan manusiawi dan nilai sportivitas pada anak. Pos Paud Hasanah Terpadu merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Kurikulum yang berlaku di Pos Paud Hasanah Terpadu terkait dengan penanaman moral, lebih banyak dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan tingkah laku dalam proses pembelajaran. Ini dapat dilihat misalnya, mau minta maaf dan memaafkan, mulai bisa menunggu giliran dan terbiasa antri, menghargai teman dan tidak memaksa kehendak, membiasakan kata “tolong”, “pinjam” dan “permisi” dan sebagainya. Kondisi yang seperti ini memunculkan ide bagi penulis yang juga pengajar di Pos Paud Hasanah Terpadu untuk menerapkan kegiatan mendongeng dalam rangka meningkatkan kemampuan perkembangan moral anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Hasanah Terpadu. Dan media yang di gunakan oleh pengajar di Pos Paud Hasanah Terpadu adalah dongeng dengan menggunakan boneka jari. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan apakah kegiatan mendongeng di Pos Paud Hasanah Terpadu Kecamatan Sambikerep Surabaya dapat meningkatkan perkembangan moral pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat penelitian secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi dan studi documenter. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian merupakan data dari pra siklus perkembangan moral awal anak yang mencapai ketuntasan belajar hanya sebesar 15%, anak belum berkembang (BB). Pada siklus 1 meningkat menjadi 45% dan di nyatakan Mulai Berkembang (MB). Pada siklus 2 meningkat menjadi 75%yang mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan perkembangan moral anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Hasanah Terpadu Kecamayan Sambirerep Surabaya. Disarankan kepada guru untuk memberikan kegiatan mendongeng dengan beberapa variasi media agar anak lebih antusias lagi dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: metode bercerita, pengetahuan moral anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:24
Last Modified: 20 Jan 2022 06:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item