PUTRI, LUSITA AGUSTIARI
(2021)
PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SDN KUTISARI II/269 KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam
menentukan keberhasilan pendidikan anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis peran orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya,
serta untuk menganalisis hambatan orang tua siswa di SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya dalam
mendampingi pembelajaran daring. Data yang digunakan oleh peneliti ini diperoleh dengan
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 7
guru kelas dan 10 orang tua siswa SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya. Metode yang digunakan
merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian dengan menggunakan ke 3 teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti
menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring tentunya merupakan hal yang
sangat penting bagi siswa. Karena anak-anak masih perlu didampingi oleh otang tua saat
pembelajaran daring dan penggunaan handphone. Serta terdapat hambatan yang dirasakan oleh
para orang tua saat mendampingi anak belajar secara daring. Secara umum, penelitian yang
dilakukam untuk menganalisis peran orang tua dan menganalisi hambatan orang tua membuktikan
ke 3 teknik pengumpulan data ini terdapat peran orang tua dalam pembelajaran anak sangat
penting, sangat berpengaruh dan tentunya anak-anak masih perlu pendampingan dari orang tua.
Actions (login required)
|
View Item |